Kamis, 11 Oktober 2012

Seblak Menggugatkan dalam Lidah

          
          


        Kebanyakan orang mungkin bertanya, apakah SEBLAK?dalam bahasa Sunda, kata Seblak sering dikaitkan dengan “NYEBLAK”, kata ini jika dihubungkan dengan perasaan merupakan “NYEBLAK HATE'' : perasaan yang kaget diikuti dengan ketakutan yang luar biasa”. Terus apa kaitannya dengan kata SEBLAK dalam istilah makanan? Ini cukup unik jika kita telah, Seblak merupakan jenis makanan cemilan yang terbuat dari kerupukyang sangat pedas. Ini diibaratkan jika kita memakan seblak akan merasa tertantang karena rasanya yang super pedas.
          Ada beberapa macam-macam kerupuk seblak yaitu ada kerupuk Seblak Basah dan kerupuk Seblak Kering. Kerupuk sebagai bahan utama pembuatan seblak biasanya dicampur dengan bumbu seperti Cabe,penyedap rasa,bawang putih,kencur,dan bisa ditambahkan jika memiliki selera yang berbeda. Proses pembuatan seblak kering adalah menggoreng bahan-bahan yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan air sedikit, masukkan kerupuk dan aduk hingga bumbu merata, tingkat kekentalan dan kelembutan kerupuk bisa disesuaikan menurut selera.
       Untuk proses pembuatan seblak kering, cukup dengan menggoreng kerupuk sebentar, kemudian tiriskan. Setelah itu campurkan bumbu kering seperti cabe dan penyedap rasa. Seblak pun siap untuk dihidangkan. Menu yang praktis, tapi perlu diperhatikan jangka waktu konsumsi. Jangan sampai terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan maag. Kenapa demikian?Hal itu akan terjadi jika anda membuatnya terlalu pedas. sedemikian kesehatan aturlah pola makan yang sehat dan benar. ok jangan lupa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar